Selasa, 04 November 2008

Glue: Cara Baru untuk Bersosialisasi di Internet

Apakah Anda ingin mengetahui tipe musik, film, buku dan hal lain yang disukai teman-teman Anda? Jika ya, sekarang ini Anda memiliki beberapa opsi untuk mengikuti aktivitas teman-teman Anda melalui berbagai jaringan sosial yang didedikasikan untuk berbagi informasi (sebut saja Goodreads, Flixster, dan Last.fm atau Anda bisa menguntit teman Anda melalui jasa lifestreaming seperti FriendFeed, di mana Anda mungkin saja berbagi ketertarikan yang sama dengan hal terbaru dari seseorang di luar sana. Pilihan yang ketiga adalah "hanya melihat" ketertarikan teman ketika Anda secara aktif sedang melihat sebuah buku, film, album dan lain-lain pada jaringan.

Jika opsi yang terakhir terdengar menarik untuk Anda, berarti Anda telah menjadi target dari Glue.

Apa Itu Glue?

Glue adalah sebuah plugin baru untuk browser dari Adaptive Blue yang menggunakan teknologi semantik untuk menghubungkan Anda dengan teman-teman melalui hal-hal seperti buku, musik, film, bintang, artis, saham, minuman keras, restoran dan lain-lain.

Glue berwujud sebuah "bar" (bukan sebuah toolbar) "bar" pada bagian atas jendela browser yang muncul saat mengunjungi situs-situs populer seperti Amazon, Yahoo! Finance, Wine.com, IMDB, Wikipedia, Citysearch, Last.fm dan masih banyak lagi. Kunjungi halaman ini untuk melihat semua layanan yang didukung Glue.



Ketika Anda membaca tentang sebuah album musik, film, buku atau apapun itu, Anda memiliki "bar" pada bagian atas halaman di mana Anda bisa melihat teman mana yang telah mengunjungi halaman yang sama dan apakah teman Anda juga menyukai alat itu dan meninggalkan komentar.

Bukan Layanan Co-Browsing

Glue tidak berfungsi sebagai plugin co-browsing seperti Me.dium dan juga tidak berusaha mensosialisaikan seluruh pengalaman berselancar pada jaringan seperti Socialbrowse. Juga tidak seperti Headup, plugin semantik browser lain yang suka memunculkan pop-up ketika Anda sedang berselancar. Glue hanya menyediakan elemen sosial kepada halaman sebuah situs — Anda tidak perlu mendaftar di sebuah situs baru atau menciptakan daftar teman baru lagi.

Cara Kerja Glue



Untuk menemukan jaringan teman Anda, Glue menggunakan API dari berbagai jejaring sosial populer seperti Facebook, Twitter dan FriendFeed untuk mengimpor daftar teman-teman Anda. Anda bisa memilih untuk mengimpor satu atau semua teman Anda ke dalam plugin.

Untuk berpartisipasi dalam Glue, yang perlu Anda lakukan hanyalah berselancar di internet seperti biasanya. Ketika Anda mengunjungi situs yang mendukung fitur ini, "bar" teman Glue akan muncul dan Anda bisa melihat teman yang menyukai halaman tersebut atau komentar teman pada di halaman tersebut. Riwayat kunjungan Anda akan disimpan Glue sehingga saat teman Anda mengunjungi halaman yang sama mereka bisa melihat kalau Anda baru saja dari mampir, walaupun tanggal dan waktu kunjungan tidak ditampilkan.

Selama berselancar, jika Anda ingin membagi pikiran tentang hal yang Anda lihat, Anda bisa menggunakan tombol "like" (suka) atau tombol "2 cents" untuk meninggalkan komentar di halaman tersebut. Anda juga bisa mengklik "bar" untuk melihat profil teman, pengguna Glue terbaru. Anda juga dapat melihat-lihat aktivitas mereka lebih jauh dengan mengklik profil mereka

Membuat Jejaring Sosial Semakin Erat

Glue bisa menjadi lebih berguna bagi Anda dari sekedar bergabung dengan sebuah komunitas sosial dengan ketertarikan yang sama. Glue juga membuat Anda tidak selalu harus mengirimkan informasi seperti pada FriendFeed, tetapi ia akan secara otomatis membantu Anda ketika membutuhkan informasi lebih lanjut dan menampilkannya langsung di situs.

Dalam versi resmi yang akan segera hadir, perusahaan pencipta Glue juga menyediakan sebuah metode bagi web-publisher manapun untuk menambahkan fitur Glue pada situs mereka hanya dengan menambahkan tiga baris kode pada bagian kepala halaman.

Glue saat ini hanya tersedia untuk Firefox, versi IE dan iPhone sedang berada dalam tahap pengembangan.(ReadWriteWeb)


Glue Overview from AdaptiveBlue on Vimeo.

Tidak ada komentar: